Thursday 21 July 2016

Perkembangan Musik Underground Dulu sampai Sekarang

Di tahun 60an sampai 70an terjadi Perkembangan Musik di seluruh dunia yang berakar dari musik pop, rock, jazz dan sebagainya. seiring perkembangan jaman dan perubahan culture hal tersebut juga berdampak pada segala hal terutama dalam musik, salah satunya adalah genre Metal, yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Musik metal adalah salah satu dari musik Underground, Underground adalah musik yang tidak menuntut kepopuleran dan ketenaran tapi hanya ingin menyuarakan ekspresi bermusik mereka, biasanya lirik dalam lagu berupa bentuk sindiran untuk sosial pemerintah, tentang persaudaraan & persamaan dan bahkan sampai sindiran terhadap kehidupan dan agama. musik underground terdiri dari berbagai genre dari Metal, Punk, Hardcore, Grindcore dsb.

awal mula adanya musik metal berawal dari genre Heavy MetalHeavy Metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an, dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock.Aliran musik ini ditandai dengan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan tempo cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya.

Lirik heavy metal berkaitan dengan maskulinitas dan kejantanan.
Heavy Metal awal 70′an digawangi oleh band-band seperti

Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental.

Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni.Pada akhir 70′an munculah New Wave oF British Heavy Metal lebih sering disingkat (NWOBHM), yang dipelopori Motorhead. NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal.Band-band yang mengusung genre NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dan lain lain.

perkembangan diAwal 80-an

Awal era 80′an digawangi oleh band-band NWOBHM seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam metal, Glam metal cukup populer pada tahun 80-90an, hal ini menyebabkan Heavy metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia dan menjadi influence bagi genre lainnya
Berlanjut ke awal 90-an

Pada era 90′an musik Heavy Metal mulai tersisihkan oleh munculnya kembali Alternative Rock dan Grunge. Band-band yang cukup populer pada tahun 90an adalah Nirvana, Blur, Stone Roses, Soundgarden, Pearljam dll.
Sementara itu band-band seperti Metallica, Pantera, Tool, White Zombie dan Megadeth menjadi ujung tombak keberadaan musik metal saat tersebut.
Seiring persaingan dalam pasar musik terutama untuk perkembangan musik underground, muncul sub-genre lainnya seperti Progressive Metal, Melodic Metal, Metalcore, Gothic Metal, Alternative Metal, Technical Metal dll. Band-band yang mempelopori genre tersebut adalah Dream Theater, Arch Enemy, Earth Crisis, Biohazard, Nightwish, Sublime, Cynic, Nocturnus.

Pada awal era 2000an sampai sekarang, musik metal kembali mendapatkan kejayaannya karena seiring menurunnya perkembangan musik Grunge pada saat itu. Dari kembali berkembangnya musik metal dan underground, muncul sub-genre baru seperti Deathcore, Trancecore, Mathcore, Techinal Brutal, Djent dll.


Begitulah perkembangan musik dari dulu sampai sekarang, semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam musik khususnya musik Underground.

Salam Musik...

0 comments:

Post a Comment